BAB IV PENUTUP Laporan PKL

BAB IV

PENUTUP

 A.      Kesimpulan

Kegiatan PKL yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi D III Kebidanan STIKes Muhammadiyah Ciamis dilaksanakan mulai tanggal  04 Februari s/d 14 Februari di Desa Cijulang Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, yang dilaksanakan di 5 Dusun yaitu Cijulang, Cicurug, Cipurut, Cikole Wetandan Cikole Kulon.

Setelah dilakukan pendataan pada minggu pertama, akhirnya berhasil mendapatkan data keluarga dan data kesehatan dari Desa namun belum menggambarkan semuanya karena system pendataan berdasarkan jumlah penduduk pada saat itu dan warga desa bersifat statis tidak terlalu banyak perubahan.

Berdasarkan tabulasi data yang dilakukan setelah pendataan maka ditemukan masalah disetiap dusun yang ada di desa Cijulang, diantaranya :

  1. Dusun Cijulang : – Sedikitnya Ibu yang memberikan ASI ekslusif; – Kurangnya kunjungan balita ke POSYANDU
  2. Dusun Cicurug : – Masih rendahnya pengelolaan sampah; – Kurangnya socialisasi jampersal; – Rendahnya keberhasilan Asi Ekslusif
  3. Dusun Cipurut : – Belum terbentuknya keorganisasian dana sehat; – Kurangnya kesadaran mayarakat mengenai pengelolaan sampah
  4. Dusun Cikole Wetan : – Pemberdayaan Lansia; – Kurangnya pemahaman mengenai KPSP
  5. Dusun Cikole Kulon : – Masih tingginya angka kejadian 4 T dalam kelahiran; – Belum aktifnya Tabulin; – Belum adanya Kelas ibu hamil

B.       Saran

  1. Pendidikan

Diharapkan dalam pembekalan PKL hendaknya diberikan lebih intensif untuk memantapkan pengetahuan dan persiapan dalam pelaksanaan PKL sehingga dapat memaksimalkan pengolahan data dan mengefektifkan waktu untuk menyelesaikan permasalah yang ada di setiap dusun.

   2.  Puskesmas

Kami mengharapkan puskesmas menindaklanjuti program-program yang telah dilakukan implementasi ataupun yang belum terlaksana oleh mahasiswa PKL Program studi Kebidanan Ciamis untuk pencapaian pembangunan kesehatan masyarakat desa dalam rangka mencapai Masyarakat yang Sehat. Selain itu, diharapkan Puskesmas memantau terus perkembangan temuan masalah yang telah dilakukan implementasinya oleh mahasiswa, sehingga dapat diketahui apakah program tersebut berhasil atau tidak.

   3.  Desa

Pemerintah desa ikut memantau perkembangan masalah dan membuat program jangka panjang untuk menyelasaikan masalah tersebut agar tidak semakin bertambah luas. Sehingga masyarakat desa yang sesuai dengan harapan pun akan segera terwujud. Oleh karena itu, pemerintah Desa pun harus ikutan didalam proses pemecahan masalahnya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s